Minggu, Februari 5
Shadow

PARIPURNA DPRD PENYAMPAIAN PIDATO BUPATI NATUNA TERHADAP LPP APBD TAHUN ANGGARAN 2021

setwan.natunakab.go.Id – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna Dengan Agenda Penyampaian Pidato Bupati Natuna Terhadap LPP APBD Tahun Anggaran 2021, (Selasa. 28/06/2022)

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Natuna DAENG AMHAR, SE.MM dan dihadiri oleh Bupati Natuna WAN SISWANDI, S.Sos., M. Si dan Wakil Bupati Natuna RODHIAL HUDA serta dihadiri oleh seluruh unsur FKPD, OPD Natuna, Tokoh Masyarakat Tokoh Agama dan Sejumlah Kalangan.

Sesuai Dengan Tata Tertib DPRD Dan Mekanisme Yang Telah Ditetapkan, Rapat Paripurna DPRD Pada Pagi Hari Ini, Telah Memenuhi Forum dan Rapat Dapat Dilanjutkan,’’Papar Ketua DPRD Natuna

Dengan Mengucapkan, Bismillah Hirrohman Nirohim,
Kita Memohon Bimbingan Serta Petunjuk Allah SWT. Maka Pada Pagi Hari  ini, Selasa Tanggal 28 Juni 2022 Rapat Paripurna IV DPRD Kabupaten Natuna Masa Sidang II Tahun Sidang 2022 Dengan Agenda Penyampaian Pidato Bupati Natuna Terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD TA. 2021, Pada Pagi Yang Berbahagia Ini Saya Nyatakan Dibuka Dan Terbuka Untuk Umum.

Penyampain Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 Ini Merupakan Amanat Pasal 194 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Kepala Daerah Menyampaikan Rancangan Perda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kepada DPRD dengan dilampiri Laporan Keuangan Yang Telah Diperiksa Oleh Badan Pemeriksa Keuangan Serta Ikhtisar Laporan Kinerja Dan Laporan Keuangan BUMD Paling Lambat 6 (Enam) Bulan Setelah Tahun Anggaran Berakhir.

Acara Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Hari Ini, Akan Diawali Dengan Penyampaian Pidato Bupati Natuna Terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.


Dalam Laporannya Bupati Natuna Menyampaikan sebagai berikut :
Berdasarkan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021, Secara Keseluruhan Telah Dianggarkan Belanja Sebesar Rp1.198.702.228.846,83 (Satu Triliun Seratus Sembilan Puluh Delapan Miliar Tujuh Ratus Dua Juta Dua Ratus Dua Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Empat Puluh Enam Rupiah Delapan Puluh Tiga Sen). Dengan Realisasi Penyerapan Rp952.614.019.789,40 (Sembilan Ratus Lima Puluh Dua Miliar Enam Ratus Empat Belas Juta Sembilan Belas Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Sembilan Rupiah Empat Puluh Sen) Atau 79,47%.

Realisasi Pendapatan Tahun Anggaran 2021 Sebesar Rp968.639.262.049,31 (Sembilan Ratus Enam Puluh Delapan Miliar Enam Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Enam Puluh Dua Ribu Empat Puluh Sembilan Rupiah Tiga Puluh Satu Sen), Atau 81,90 %

Dari Target Yang Ditetapkan Sebesar Rp1.182.675.738.475,00 (Satu Triliun Seratus Delapan Puluh Dua Miliar Enam Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah).  Defisit Pengeluaran Tahun Anggaran 2021 ditutup Menggunakan Penerimaan Pembiayaan Yang Bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Tahun Anggaran 2020 Sebesar Rp16.026.490.371,83 (Enam Belas Miliar Dua Puluh Enam Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Ribu Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Rupiah Delapan Puluh Tiga Sen),

Sehingga Di Akhir Tahun Anggaran 2021 Menyisakan Silpa Sebesar Rp32.379.329.056,74 (Tiga Puluh Dua Miliar Tiga Ratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Lima Puluh Enam Rupiah Dan Tujuh Puluh Empat Sen).

Tidak Tercapainya Target Penerimaan Disebabkan Adanya Refocusing Anggaran Dari Pemerintah Pusat Dikarenakan Adanya Pandemi Covid-19 Yang Telah Menimbulkan Korban Jiwa Dan Kerugian Material Sehingga Berimplikasi Pada Aspek Sosial, Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat.

Alhamdulillah, Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2021 Yang Telah Diaudit Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau Dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Predikat Tertinggi Dalam Penilaian Laporan Keuangan Ini Merupakan Kali Ketujuh Secara Keseluruhan Atau Kali Kelima Secara Berturut turut Diraih Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Opini Tersebut Menjadi Salah Satu Dari Empat Kriteria Utama Sebagai Penentu Layak Atau Tidaknya Mendapatkan Alokasi Dana Insentif Daerah (DID).

Sebelum Mengakhiri Penyampaian Pidato Ini, Mari Kita Bersama Mengingat Kembali Tahun Anggaran 2021 Merupakan Tahun Yang Berat Dimana APBD Dan Segenap Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Pemerintah Kabupaten Natuna Diprioritaskan Untuk Menanggulangi Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Sebagaimana Kebijakan Prioritas Dari Pemerintah Pusat,

Selanjutnya, Kami Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Pimpinan dan Segenap Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Rekan-Rekan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Natuna, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Seniman, Budayawan, Cerdik Pandai, Mahasiswa, Insan Pers dan Semua Pihak Atas Segala Dukungan dan Masukan Yang ditujukan Kepada Segenap Jajaran Pemerintahan di Kabupaten Natuna.

Akhirnya, Dengan Ikhtiar Yang Maksimal Seraya Bermunajat Kepada-Nya, Kita Berharap Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, Senantiasa Memberikan Ridho dan Rahmat-Nya Kepada Kita Semua.’’Tutup Bupati Natuna.’’

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
%d blogger menyukai ini: